PELESTARIAN DURIAN UNGGUL LOKAL SUMATERA UTARA



PELESTARIAN DURIAN UNGGUL LOKAL SUMATERA UTARA

Puji syukur Alhamdulillah atas Berkah dan Karunia-Nya yang telah dicurahkan kepada kami sehingga dengan karunia Allah itu kami bisa berkreasi dan beraktifitas. Melalui Kegiatan pelestarian  Durian Unggul Lokal yang telah kami lakukan dari tahun 2001 sampai saat ini ada beberapa varietas durian lokal, layak untuk dikembangkan yang merupakan aset plasma nutfah buah nusantara yang selama ini kurang diperhatikan sehingga tidak mampu menjadi tuan di negeri sendiri. Atas dasar ini kami berusaha untuk berbuat semaksimal mungkin untuk melestarikan semampu kami dalam hal menyelamatkan beberapa varietas durian unggul lokal yang hampir punah akibat penebangan masyarakat, dikarenakan mahalnya bahan bangunan sehingga tidak ada pilihan lain bagi masyarakat kecuali menebang pohon duriannya untuk dijual maupun dijadikan bahan bangunan.

Solusi untuk menangani masalah ini, kami telah melakukan pelestarian baik dalam perbanyakan benih, maupun memberikan informasi kepada masyarakat betapa pentingnya melestarikan  durian unggul lokal yang merupakan aset nusantara yang wajib kita jaga agar tidak punah, dengan usaha yang kami lakukan Alhamdulillah sudah 16 varietas unggulan lokal yang sudah dilestarikan bahkan telah disebarkan di daerah asalnya agar kelak durian unggul lokal tetap lestari dan bisa bersaing dengan durian mancanegara.

Untuk dapat mewujudkan cita-cita ini tentunya perlu kerja sama dari berbagai komunitas pecinta durian dan dukungan pemerintah serta pemerhati dan peneliti maupun akademisi agar durian unggul loakal bisa bersaing dengan durian luar  yang sudah di budidayakan dengan teknologi sehingga dari berbagai segi sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan Negara pengimpor.

Lokasi kegiatan penangkaran Bibit Tanaman Mulia Tani  beralamat di Jalan Kecipir, Lingkungan VII, Kelurahan Paya Roba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai. Usaha ini memproduksi berbagai jenis tanaman buah-buahan, perkebunan dan kehutanan.
                 
Demikianlah Salam pembuka yang sederhana ini sebagai wacana kegiatan pelestarian durian unggul lokal yang telah kami lakukan sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan kami terhadap plasma nutfah buah – buahan nusantara.

Kegiatan Eksplorasi Durian Unggul Lokal Sumatera Utara.






Koleksi Durian Unggul Lokal Sumatera Utara.
 





 

Comments